Ilmu dan Teknologi Pangan Itu Apa Sih?


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai guys

Kali ini aku akan membahas seputar jurusanku di kampus

http://foodalert-itp.blogspot.com/2015/03/ilmu-dan-teknologi-pangan.html


Ilmu dan Teknologi Pngan adalah salah satu program studi yang mempelajari seluk beluk tentang pangan. Mulai dari bahan mentah hingga di proses menjadi makanan bergizi yang siap saji dan siap didistribusikan kepada konsumen, Jadi di jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang pangan saja, tetapi juga mempelajari tentang bagaimana memanajemen hasil pangan yang siap untuk dipasarkan.
ilmu teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Proses yang disebut meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi.



Pada awalnya aku bingung ingin memilih jurusan apa. Yang ada dikepalaku hanya jurusan popular seperti kedokteran, farmasi, dan lain-lain. Karena itu aku mulai eksplore jurusan lain yangs esuai dengan minat bakatku. Akhirnya aku menemukan jurusan yang asing bagiku, yaitu Ilmu dan teknologi pangan. Pada awalnya aku juga berpikir “Jurusan ini nanti prospek kerjanya bagaimana?” nah setelah itu aku bertanya tanya dengan mahasiswa dengan jurusan ilmu dan teknologi pangan. Hingga akhirnya aku mulai tertarik dengan jurusan ini. Menurutku, Ilmu dan Teknologi Pngan itu jurusan yang keren. Kenapa? Karena disini kita bias bereksperimen menciptakan sesuatu yang baru. Selain itu kita juga dituntut untuk tetap mempertahankan nilai gizi dari suatu bahan tersebut. Dari sini kita bias berlatih menjadi seorang wirausahawan sejak dini dan dapat menjadi investasi bagi kebutuhan kita dimasa mendatang

Prospek kerja lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan ini juga luas lho. Kita dapat bekerja dengan instansi baik negeri maupun swasta. Setelah lulus, mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan bisa berkarir di beberapa bidang ini:
  • Quality Control/Pengendalian Mutu

    Mereka bertugas untuk memastikan proses pengolahan makanan di pabrik berjalan sesuai              standar yang telah ditetapkan.

  • Konsultan Pangan dan Gizi

   Konsultan pangan dan gizi bertugas memberikan konsultasi bagi industri makanan tentang             produksi, pemasaran, trend produk, serta kualitas produk makanan, permasalahan konsumsi           gizi dan keamanan pangan

  • Lingkup pemerintahan (Pegawai Negeri Sipil di Departemen Pertanian, Balitbang, POM(Pengawas Obat dan Makanan), LIPI,dll.
 Lingkup pemerintahan (Pegawai Negeri Sipil di Departemen Pertanian, Balitbang,   POM(Pengawas Obat dan Makanan), LIPI,dll  memiliki tanggung jawab sebagai berikut: mampu  melayani masyarakat dengan baik, mampu mengkoordinir bagian yang dipimpinnya di  Instansi tempat ia bekerja, berwawasan luas dan menguasai Teknologi.


  • Pengembangan Produk (staf pengembangan produk, Chief Technical Officer atau Direktur Teknik) bertanggung jawab memegang resep rahasia produk perusahaan
  • Berwirausaha/ Pengusaha pangan

Jika kita mampu merencanakan dan mendirikan suatu perusahaan, menguasai manajemen              perusahaan atau mengembangkan usaha yang telah berjalan, kita berpeluang untuk membuat pabrik sendiri, misalnya pabrik ekspor makanan beku, baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.



Kenapa memilih Ilmu dan Teknologi Pangan UMM?


Prodi ini telah mendapatkan Akreditasi A. Di UMM sendiri fasilitas seperti laboratorium, ruang kelas maupun perpustakaan jurusan  sudah memadai. Selain itu dosen-dosen yang mengajar merupakan dosen-dosen professional yang telah menempuh pendidikan S2 maupun S3 baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri. Selain itu, di Ilmu dan Teknologi Pangan UMM setiap tahunnya mengadakan kunjungan ke industri industri makanan guna memperkenalkan kepada mahasiswa tentang seluk beluk kegiatan produksi di industry terkait.

sumber : https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/masa-depan-lulusan-ilmu-teknologi-pangan/

Komentar

Postingan Populer