Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Bagi Kehidupan


   Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini aku akan membahas seputar perkembangan teknologi dan dampaknya bagi kehidupan


http://rumahasyam.com/dampak-negatif-perkembangan-teknologi-informasi/

 Berbicara mengenai teknologi informasi. Teknologi informasi setap tahunnya mengalami peningkatan. Teknologi informasi sendiri adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanimpulasi data dengan cara untuk membuat atau menghasilkan informasi yang berkualitas. Teknologi ini telah digunakan di hampir segala bidang seperti indurtri, keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan, pendidikan, dll. Misalnya di bidang pemerintahan teknologi ini digunakan untuk menginformasikan tentang program-program pemerintah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh perkembangan teknologi memiliki manfaat bagi semua aspek.

    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berawal di sekitar abad ke 19 ketika ilmuan berhasil menciptakan penemuan.  Perkembangan teknologi informasi sering disebut juga revolusi komunikasi. Istilah teknologi informasi muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (sistem komputer yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak)

Dampak positif dari perkembagan teknologi informasi:

  • Mempecepat arus infomasi

Arus informasi merupakan hal yang penting di dalam teknologi informasi, dimana menjadi salah satu katakteristik sistem informasi. Perkembangan jaringan komputer semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet.
  • Mempermudah akses terhadap informasi terbaru

Dengan perkembangan tekologi yang pesat siapapun pasti bisa mengakses informasi dengan mudah. Akses internet ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun penguna tersebut berada. Dengan teknologi informasi ini kita tidak hanya mengetahui informasi yang berada di dalam negeri kita sendiri, tetapi juga luar negeri.
  • Media sosial’

Media sosial dapat emeberikan banyak manfaat, salah satunya adalah mempertemukan seseorang dengan orang lain dan dapat membuat hubungan kedekatan di antara kedua orang tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi berbasis data suara dan gambar. Contohnya skype. Dari skype kita dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan kerabat ataupun teman kita yang jaraknya jauh dengan kita, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.
  • Media Hiburan

Pemanfaatan teknologi informasi juga dapat digunakan sebagi media hiburan. Setiap orang memiliki jadwal kesibukan yang berbeda-beda. Kesibukan tersebut dapat membuat seeorang menjadi stress. Untuk itu dengan adanya teknologi informasi ini diharapkan dapat menghilangkan beban masalah seseorang. Kita dapat menggunakan games, musik, video,dll sebagai media hiburan.
  • Sharing berbagai file

Dokumen merupakan hal yang penting bagi seseorang. Setiap pengguna dapat saling membagi dokumen dengan mudah. Kegiatan ini tentunya memerlukan keamanan dokumen agar data yang dibagikan tetap rahasia.
  • Bermanfaat di dunia pendidikan

Materi pelajaran yang kita peroleh di sekolah akan lebih mudah diakses dan diperoleh. Sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Teknologi informasi sendiri juga dapat digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah.
Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli. Saat ini, muncul banyak online shop. Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online.

Dampak negatif dari teknologi informasi:

  • Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
  • Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
  • Cyber Bullying
  • Konten negative yang berkembang pesat
  • Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
  • Menjauhkan yang dekat
  • Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
  • Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna
  • Menurunnya prestasi belajar  seseorang

Komentar

Postingan Populer