Mojokerto, Kota Kecil Sejuta Pesona


Assalamualaikum Wr. Wb

Kali ini aku akan menceritakan tentang kota kelahiranku, yaitu Kota Onde-Onde atau Kota Mojokerto

http://peta-kota.blogspot.com/2011/05/peta-kota-mojokerto.html


           Kota Mojokerto adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak  di dekat ibukota Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya. Mojokerto merupakan kota yang seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto. Banyak orang yang berfikir kalau Kota Mojokerto itu adalah kota yang sangat kecil. Memang, karena Kota Mojokerto hanya memiliki luas sekitar 16,46 km2  saja loh. Bisa dibayangkan sekecil apa kota kelahiranku. Eh tapi jangan salah, walaupun kota kelahiranku ini tidak terlalu besar, tapi Kota Mojokerto ini punya sejuta pesona loh. Kota Mojokerto punya destinasi wisata yang harus dikunjungi.

            Alun-Alun Kota Mojokerto misalnya. Alun-Alun ini terletak di sebelah utara Jalan Majapahit. Alun-Alun ini cocok bagi kalian yang ingin sekedar refreshing bersama keluarga dan teman-teman. Destinasi wisata ini harganya terjangkau loh. Kalian hanya perlu membayar uang parkir saja dan kalian bisa menikmati waktu berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Di Alun-Alun Kota Mojokerto telah disediakan berbagai spot foto yang instagramable loh. Seperti spot foto replica candi peninggalan kerajaan majapahit, spot foto dengan lampu-lampu lampion, dan lain lain. Alun-Alun ini selalu ramai saat malam hari dan minggu pagi. Di saat malam hari, banyak pedagang makanan yang menjual aneka jajanan. Dan pastinya saat malam hari lampu lampu akan menyala dengan indah. Wowwww menarik sekali kan.

http://www.kabarmojokerto.com/5-tempat-seru-untuk-merayakan-malam-pergantian-tahun-di-mojokerto.html/kabar-mojokerto-alun-alun-kota-mojokerto-foto-dji-moment

http://www.kabarmojokerto.com/destinasi-liburan-akhir-tahun-ke-mojokerto.html
    
           Selain Alun-Alun, Kota Mojokerto juga punya destinasi wisata budaya loh. Bermacam jenis wayang terdisplay dengan apik di sanggar yang berlokasi di Jalan Kartini No 23 Kota Mojokerto ini. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, dll.  Di sanggar ini terdapat wayang dengan karakter tokoh bangsa dan tokoh internasional, baik itu wayang kulit maupun wayang golek. Tidak hanya wayang, namun juga ada koleksi lain seperti gamelan, keris, film jaman dulu, boneka, kuda lumping, reog ponorogo, topeng, mainan jaman dulu dan masih banyak lagi.

http://jogja.tribunnews.com/2015/10/23/sanggar-gubug-wayang-mojokerto-simpan-ribuan-benda-antik




              Kota Mojokerto juga terkenal akan kulinernya loh, salah satu yang paling khas adalah Onde-Onde. Di Kota Mojokerto terdapat salah satu toko yang hitz banget nih, mereka menjual onde-onde sejak tahun 1929. Namanya Bo Liem.Jr Onde-onde bermerek Bo Liem ini sudah menjadi salah satu icon oleh-oleh khas Mojokerto. Onde-onde ini hanya memiliki sebuah tempat di Mojokerto dan tidak membuka cabang lainnya. Letaknya di kawasan klenteng Tri Darma, lebih tepatnya sebelum pertigaan klenteng di sebelah kiri ada kawasan Jl. Empunala No 45 Kota Mojokerto. Hal unik yang dapat kita jumpai saat memesan onde-onde Bo liem Jr adalah kita dapat melihat langsung proses penggorengan di penggorengan raksasa. Proses penggorengan dilakukan di depan toko yang terlihat oleh pengunjung. Selain onde-onde, tempat ini juga memproduksi keciput (ciput). Onde-onde berukuran mungil ini dibuat kering dan renyah. Wah pasti tertarik ingin mencobanya kan

http://handydwiwijaya.blogspot.com/2014/09/onde-onde-mojokerto-mak-nyus.html


Jadi itulah cerita tentang kota kelahiranku

Bangga dadi arek Mojokerto!!!!


Komentar

Postingan Populer